Jumat, 25 Mei 2012

Coal Mill

Coal mill atau disebut juga dengan tempat penggilingan batubara menjadi serbuk batubara. Coal mill memiliki berbagai macam tipe tergantung dari spesifikasinya. Salah satu tipe yang digunakan power plant di indonesia adal coal mill type roller ball, dimana terdapat 3 buah roller ball sebagai penghancur batubara dan satu buah pad grinding sebagai alasnya. Tipe Coal mill ini menggunakan system oli hidraulik sebagai tenaga penggerak roller ball. Sesuai fungsinya sebagai penghancur batubara sampai pada ukuran tertentu.

Kerja coal mill
Kita tahu bahwa fungsi coal mill untuk menghancurkan bAtubara menjadi serbuk batubara sehingga akan mempermudah pembakaran. Batubara disupply oleh alat yang dinamakan coal feeder. Sesuai namanya coal feeder artinya mengahantarkan coal masuk kedalam mill melalui saluran masuk (inlet pipe) yang biasanya terletak diatas coal mill. Setelah coal masuk kedalam mill, coal tersebut akan dihancurkan oleh penumbuk (roller) sehingga menjadi serbuk batubara. Setelah batubara hancur dan menjadi serbuk, serbuk tersebut akan dihantarkan masuk kedalam ruang pebakaran (furnace) melalui saLuran keluar (outlet pipe). Serbuk batubara dihembuskan oleh udara yang masuk kedalam mill (primary air) dan berakhir di ruang pembakaran.
Terkadang didalam bongkahan batubara, terdapat unsur yg lain seperti batu,besi atau material yang tidak dapat dihancurkan oleh mill. MAterial material ini dibuang melalui hopper yang terletak dibawah mill.

Next coal mill part 2

3 komentar:

  1. Mas ini sangt berguna banget buat saya sebagai safety man baru. Terimakasih

    BalasHapus
  2. Mas bisa share kah masalah di pltu

    BalasHapus