Sabtu, 05 Mei 2012

pengaruh panas batubara terhadap pembakaran

Pada pembangkit listrik tenaga uap yang menggunakan batubara sebagai bahan bakar utama harus mengetahui kadar panas/kalori yang terkandung dalam batubara tersebut. Mengapa ? hal ini dikarenakan akan mempengaruhi proses pembakaran didalam furnace.Batubara yang bagus dalam artian memiliki nilai kalori yang tinggi, akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pembangkit. Hal ini dikarenakan untuk menghasilkansteam yang memiliki tekanan tinggi itu hanya dibutuhkan sedikit batubara sehingga jumlah batubara yang dipakai akan mengalami penghematan. Hal ini sangat menguntukan sekali bagi pembangkit listrik tenaga uap yang membeli batubara dari perusahaan lain sebagai bahan bakar utamanya. Pada bahasan kali ini, saya akan membahas tentang pengaruh nilai kalor batubara secara langsung pada PLTU.

Saat ini saya bekerja pada PLTU yang memiliki tambang batubara sendiri dengan nilai kalori batubaranya yang sangat kecil sehingga kebijakan dari perusahaan unutk membeli batubara dari tambang luar yang memiliki nilai kalor yang baik sebagai cadangan.
Pertama. Apabila kita menggunakan batubara yang nilai kalori nya kecil, itu akan mempengaruhi temperatur steam. Mengapa??karena dibutuhkan banyak batubara untuk menghasilkan tekanan steam yang besar. Batubara ini akan menghasilkan banyak gas/ exhaust dari pembakaran yang terjadi didalam furnace sehingga gas tersebut secara langsung membuat superheater pipe akan memiliki suhu yang tinggi. Kita tahu bahwa untuk memanaskan superheater pipe itu digunakan panas dari gas yang dihasilkan dari pembakaran batubara. Jadi kesimpulan. Batubara yang kalorinya kecil akan memeberikan tekanan steam yang kecil dan membuat temperatur steam yang besar. Ini juga akan mempengaruhi laju steam dan air.
Sebaliknya batubara yang nilai kalori nya besar akan memberikan tekanan yang besar tetapi suhu superheater pipe nya akan kecil. akan tetapi hal ini sangat menguntungkan bagi PLTU karena bahan bakar yang digunakan sedikit lebih hemat. Itu mengapa batubara yang nilai kalorinya bagus memiliki nilai jual yang tinggi. Oke penjelasan lebih detail akan kita bahas lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar